Cara Memperbaiki Mouse Komputer

Jika Anda mempunyai beberapa mouse komputer (USB maupun PS2) yang sudah tidak terpakai karena bermasalah, terutama jika mouse-mouse tersebut mempunyai merk dan modelnya sama. Alangkah baiknya diperbaiki sendiri selagi bisa. Apalagi jika Anda sebelumnya sudah mempunyai alat-alat elektrik repair seperti solder beserta timahnya dan lain sebagainya. Untuk sparepart tidak perlu diperhitungkan karena mouse-mouse tersebut akan dikanibal. Orang pintar bilang "subsidi silang"

Jika Anda belum mempunyai alat-alatnya dan harus beli, tentu saja harus diperhitungkan total cost antara membeli peralatan kemudian memperbaikinya dan atau membeli mouse pengganti yang baru. Jika berasa rugi, stop sampai disini! Belilah mouse yang baru dan buang mouse-mouse rusak nan jadul tersebut.
Cara Memperbaiki Mouse Komputer

Alat-alat yang kemungkinan besar akan dipakai nanti;
- solder beserta timahnya
- penyedot timah
- multitester
- alat pemotong (tang potong atau gunting)
- obeng kecil

Ambil salah satu mouse dan kenali gejala kerusakannya, pilih yang sekiranya paling mudah penanganannya. Ambil juga mouse yang lain untuk dikanibalkan. Beberapa kasus kerusakan mouse dan penanganannya sebagai berikut:

Mati total
Bisa karena kabelnya terputus, bisa juga Optical Sensor / Chip (identik berbentuk hitam kotak berkaki banyak, bagian bawah menempel ke lensa) mati.

Cek kabel dengan multitester, jika ada yang terputus, potong ditengah kemudian disambung kembali atau ganti dengan kabel dari mouse rusak yang lain. Mengenai warna kabel dan masing-masing fungsinya, secara garis besar kabel USB tersebut berisi 4 kabel kecil yakni 2 kabel data dan 2 power. Jika Anda bingung kabel berwarna merah atau kuning untuk simbul apa yang ada di PCB, lebih baik Anda ingat-ingat saja kalau perlu dicatat sebelum memotong kabel tersebut agar tidak salah solder nantinya :D
Kalau warna kabel pengganti dan yang diganti berbeda, apalagi jika Anda mengambil kabel dari mouse type lain. Pastikan jalurnya disoldir ditempat yang tepat dan tidak terbalik, cocokkan dengan multitester.

Bisa pula karena chip-nya yang bermasalah. Ganti dengan chip dari mouse yang lain dengan seri yang sama.

USB not Recognizing
Led optik menyala tetapi muncul keterangan USB not Recognizing ketika mouse dicolokkan ke pc. Kasus seperti ini sering terjadi karena kabel data usb putus.
Cek apakah ada kabel usb yang terputus dengan multitester. Jika ada yang terputus, potong ditengah kemudian disambung kembali atau ganti dengan kabel dari mouse rusak yang lain.

Bisa pula karena Chip-nya yang bermasalah (jarang terjadi)

Mouse kedeteck normal, semua tombol klik berfungsi tetapi kursor tidak bisa bergerak. 
Kerusakan seperti ini paling sering disebabkan karena LED optik yang bermasalah. Bisa karena kendor sorderannya ataupun mati.
Cek led optik menyala atau tidak. Jika mati, solder ulang sambungan pada led optik tersebut. Jika tetap sama, ganti  led optik tesebut. Ambil dari mouse rusak yang lain yang led optiknya masih bisa menyala.
Jangan sampai kakinya terbalik loh. Kalau Anda ragu, colokkan mouse ke pc, tempelkan led tersebut dengan tangan baru kemudian disolder jika posisi sudah benar dan menyala.

Jika led optik tetep mati atau sudah menyala namun kursor tetep belum bisa bergerak, cek Chip dan coba ganti dengan Chip dari mouse yang lain.

Mouse kedeteck normal, tombol klik TIDAK berfungsi tetapi kursor bisa bergerak. 
Kerusakan seperti ini biasanya karena tombol yang sudah usang atau patah.
Coba ganti tombol yang bermasalah tersebut dengan tombol dari mouse yang lain.

Mouse kedeteck normal, kursor bergerak sendiri.
Kursor bergerak sendiri? wah jangan-jangan ada hantunya...
Pastikan di sekitar mouse tidak ada hantunya, jika aman, bongkar mouse kemudian cek apakah ada elco yang mlembung, bocor atau penyok ( bahasa EYD penyok apa yak? :D )

Tulisan di atas semata-mata hanya sekedar sharing pengalaman, dan bukan karena saya seorang ahli elektronik jurusan per-mouse-an. Jika nantinya menemukan kasus yang baru, insya akan saya update ;)

Note:
  • Hati-hati dan cermati, terkadang penyebab kerusakan hanya sepele tapi bikin pusing. Sebagai contoh mouse dengan kerusakan kadang detek kadang tidak bisa jadi karena jalur PCB yang retak atau terputus. Pastikan semua jalur tersambung, gunakan multitester untuk mengeceknya.
  • Untuk kerusakan yang disebabkan kabel terputus, jika Anda menggantinya dengan kabel dari jenis maupun merk yang berbeda, jangan 100% percaya dengan warna yang sama. Cek kedua kabel tersebut untuk mengetahui dan menyamakan mana power mana data.
  • Khusus mouse dengan teknologi laser kan biasanya tidak nyala tuh. Otomatis agan ga akan tahu Led tersebut normal atau mati jika tidak mencoba menggantinya langsung.

2 Responses to "Cara Memperbaiki Mouse Komputer"

Komentar Anda selalu ditinjau dan dihargai. Kami akan mencoba untuk membalas secepat mungkin. Komentar Anda akan menjawab di sini, jadi silakan datang kembali ke sini untuk melihat balasan Anda.

Catatan:
# No spam, no bad words.
# Hindari komentar berisi link aktif dan sebaliknya usahakan menggunakan profile aktif dalam berkomentar.
# rkdBUZZ berhak menghapus komentar dengan alasan tertentu.